Minggu, 15 Maret 2015

Komunitas Cina Banteng


Berlokasi di daerah Lebak Tanggerang, kami mengunjungi sebuah Komunitas Sosial bernama "Komunitas Cina Benteng" pada awal berdirinya, komunitas ini terbentuk karena ingin menaungi atau merawat orang-orang dengan masalah kejiwaan yang terlantar dijalanan.




Namun karena desakan akan kebutuhan tempat belajar bagi anak-anak sekitar, kurang lebih 5 tahun belakangan, komunitas ini mulai mendirikan PAUD & Bimbel yang tentunya tanpa membebankan biaya kepada orang tua yang ingin menitipkan anaknya untuk belajar di tempat ini.


Ini adalah kunjungan pertama kami ke "Komunitas Cina Benteng" jadi kami belum terjun langsung untuk mengajar anak-anak disana. Kami hanya berusaha membaur dengan kegiatan mereka dan berkeliling kawasan sekitar.



Menurut penuturan ibu pengajar, ditempat ini jumlah siswa PAUD yang mengikuti tidak tetap. Berkisar antara 5-15 siswa pada setiap pertemuannya. Disaat kami berkunjung siswa yang hadir cuma berjumlah 5 orang, dikarenakan ada beberapa siswa yang sedang sakit.
Dan seperti yang tampak pada foto tempat mereka belajar pun kondisinya seadanya dan serba kekurangan fasilitas.




Sekitar jam 12.00 WIB jam belajar mereka telah usai, kami menyempatkan waktu berinteraksi dengan para penghuni "Komunitas Cina Benteng". Dan kebetulan saat itu mereka sedang ada kegiatan keagaman, mayoritas disini mereka memeluk agama Kristen.



Setelah mengikuti kegiatan keagamaan ini, karena waktu sudah sore. Jadi kami berpamitan dan akan datang berkunjung dan mulai belajar bersama anak-anak PAUD pada minggu depan.

Selamat Malam

-Ronda Adiyan Nanda-