Rabu, 29 Agustus 2012

Website itu Mudah dan Murah, Buat dan Milikilah Segera!

Website itu Mudah dan Murah, Buat dan Milikilah Segera!. Tulisan ini hendak mengulas bahwa untuk mempunyai sebuah web atau website bukan sesuatu yang sulit dan bukan juga sesuatu yang mahal. Artinya, membuat atau memiliki website itu sangat mudah dan sangat murah, bahkan gratis!!!

Sebelumnya akan dijelaskan dulu bahwa untuk membuat website kita perlu memiliki web hosting dan domain. Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Sedangkan Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Website Gratis
Sekarang kita akan membicarakan website gratis. GRATIS? Ya. Kita bisa memiliki website yang betul-betul gratis. Dua fasilitas yang menydiakan website gratis adalah Blogger atau Blogspot dan Wordpress.com. Sebenarnya masih banyak fasiltas lain yang menyediakan website gratis, tapi dua tadi adalah yang terbesar. Blogger dan Wordpress menyediakan kepada kita hosting dan domain. untuk domain yang diberikan dalam bentuk gratis adalah sub domain, seperti: carakumembuat.blogspot.com atau carakumembuat.wordpress.com.

Blogger dan wordpress lebih mengutamakan update dari website tersebut, makanya kemudian baik blogger maupun wordpress disebut blog. Blog adalah bagian web atau semacam web yang isinya selalu di-Up date.

Website Murah
Untuk memiliki website lurah kita tinggal mengganti sub domain blogger dengan domain kita sendiri yang kita beli. Baik wordpress maupun blogger menyediakan bagi kita fasilitas untuk membeli domain dari mereka. Hanya saja blogger memungkinkan kita untuk membeli domain dari tempat lain dan kemudian mengganti sub domain kita. Harga untuk membeli domain sekitar Rp. 90.000,- sampai dengan Rp. 100.000,-. Murah bukan?

Website Mudah
Setelah mengetahui bahwa membuat website itu murah bahkan gratis, sekarang akan dijelaskan bahwa membuat website itu mudah. Di internet sudah banyak sekali terdapat tutorial, tips dan trik untuk membuat blog maupun website. Di sana juga sudah banyak bertebaran untuk mendesain atau mengedit blog/website sehingga menjadi bagus dan menarik.